Sabtu, 20 Desember 2014

MAKALAH KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN (TUGAS FILSAFAT 15)




KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

 ‘Diajukan untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Kurikulum dan Pembelajaran’




       Disusun oleh:
Siti Umroh        (2227130538)
KELAS 3B PGSD






UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
SERANG-BANTEN 2014



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga  dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul “KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN”
Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan dan juga dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca khususnya. Saya sangat menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT. senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin…






Serang, Desember 2014



Penulis










DAFTAR ISI  
KATA PENGANTAR……………………………………………………….…………...……i
DAFTAR ISI……………………………………………………………...…………………...ii
BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang…………………………………………………………...………..1
B.     Rumusan Masalah………………………………………………...……………….1
C.     Tujuan Penulisan Makalah………..………………………………...……………..1
BAB II PEMBAHASAN
A.     Konsep-konsep dasar kurikulum dan pengajaran.................................................2
a.       Pengertian kurikulum.....................................................................................2
b.      Proses pengembangan kurikulum...................................................................2
c.       Langkah-langkah dalam pengembangan pedoman kurikulum........................3
d.      Mutu pendidikan............................................................................................3
e.       Kedudukan kurikulum dalam pendidikan......................................................3
f.        Hubungan kurikulum dengan teori pendidikan...............................................3
B.     Determinan kurikulum.........................................................................................5
a.       Landasan filosofis..........................................................................................5
b.      Landasan psikologis.......................................................................................6
c.       Landasan sosial-budaya IPTEK......................................................................6
d.      Falsafah lembaga pendidikan.........................................................................8
e.       Falsafah pengajar/guru...................................................................................8
f.        Dua dimensi yang saling berkaitan dengan determinan psikologi...................8
g.       Teori-teori belajar...........................................................................................8
C.     Pendekatan-pendekatan dalam pengembangan kurikulum...................................8
a.       Pendekatan bidang studi.................................................................................8
b.      Pendekatan interdisipliner...............................................................................9
c.       Pendekatan rekonstruksionisme......................................................................9
d.      Pendekatan humanistik...................................................................................9
e.       Pendekatan accountability..............................................................................10
f.        Pendekatan pembangunan nasional...............................................................10
D.     Tujuan pengajaran..............................................................................................11
a.       Hasil belajar siswa........................................................................................11
b.      Ranah belajar kognitif...................................................................................11
c.       Ranah belajar afektif....................................................................................11
d.      Ranah belajar psikomotor.............................................................................11
e.       Pandangan atas ketiga ranah..........................................................................11
f.        Perumusan masalah........................................................................................12
E.      Strategi dan sumber mengajar.............................................................................12
F.      Mendesain rencana evaluasi kurikulum...............................................................12
a.       Tujuan evaluasi.............................................................................................12
b.      Proses dan metodologi penilaian...................................................................13
c.       Komponen desain evaluasi...........................................................................15
d.      Mengumpulkan,menyusun,dan mengolah data.............................................16
e.       Menganalisis dan melaporkan data................................................................16
G.     Desain rencana instruksional pengajaran afektif.................................................17
H.     Mengembangkan keterampilan berpikir dan memecahkan masalah....................22
a.       Pendekatan-pendekatan dalam pemecahan masalah.....................................22
b.      Proses pemecahan masalah...........................................................................22
c.       Unsur-unsur keterampiran berpikir...............................................................22
I.        Perencanaan instruksional untuk tujuan afektif..................................................23
a.       Tujuan pendidikan dan nilai-nilai.................................................................23
b.      Pendidikan moral..........................................................................................24
c.       Pendidikan afektif........................................................................................24
d.      Nilai-nilai dan fungsi otak.............................................................................25
e.       Arah dan intensitas valensi...........................................................................25
J.       Pendidikan afektif,perspektif,historis,dan model-model pendidikan afektif......26
a.       Pengaruh filosofi sosial dan pendidikan afektif............................................26
b.      Pengaruh psikologi terhadap pendidikan afektif............................................26
c.       Pengaruh teori kepribadian terhadap pendidikan afektif...............................26
d.      Model-model pendidikan afektif...................................................................27
BAB II PENUTUP
Kesimpulan………………………………………………………...………….….......28
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………...…...........29

















BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Kurikulum dan Pembelajaran adalah dua komponen yang tidak dapat dipisahkan, mengingat kurikulum merupakan hal yang menjadi pembelajaran yang dapat implementasikan sesuai dengan kaidah yang berlaku yang mempunyai beberapa aspek yang harus dijalankan untuk itu dengan kurikulum kita dapat menjalankan pembelajaran sesuai dengan hal yang seharusnya kita ajarkan sebagai acuan yang saling berkesinambungan , karena pembelajaran dapat di laksanakan dengan cara menurunkan apa yang sudah ditetapkan dalam kuriukulum dari segi tujuan pembelajaran, penentuan bahan ajar, dalam kegiatan atau strategi belajar, dan juga dalam sitem evaluasi yang beberapa hal itu merupakan aspek yang dominan harus dijadikan acuan dalam pembelajran yang menjadikan mutu pendidikan yang sesuai dengan apa yang kita harapkan dan dengan adanya kurikulum kita dapat mengajarkann pembelajaran secara sistematis dengan tujuan menjadikan pembelajaran yang aktif ,kreatif dan inovatif sehingga menjadikan hasil dari pembelajaran mempunya mutu dan mempunya output yang berkualitas dengan menjalankan kurikulum dan menuangkan dalam pembelajaran yang efesien dan konkrit.

B.     Rumusan Masalah

1.                  Apa saja konsep dasar kurikulum dan pengajaran ?
2.                  Bagaimana pendekatan dalam pengembangan kurikulum?
3.                  Apa tujuan dari pengajaran?
4.                  Berapa banyak strategi dan sumber dalam mengajar ?

C.     Tujuan Penulisan Makalah

1.                  Untuk dapat mengetahui konsep dasar dari kurikulumdan pengajaran
2.                  Untuk mengetahui pendekatan dalam pengembangan kurikulum
3.                  Agar kita mengetahui tujuan dalam pembelajaran
4.                  Agar kita dapat menerapkan strategi dan sumber dalam mengajar















BAB II
PEMBAHASAN

            Kurikulum dan pembelajaran dua hal yang saling berkaitan dan harus dipahami betul oleh guru agar dapat menyajikan pembelajaran dalam bentuk pengalaman yang bermakna bagi siswa. Jadi pada hakikatnya setiap kurikulum yang formal yang dikeluarkan oleh pemerintah hanya dapat direalisasikan berkat usaha guru. Walaupun kurikulum dikatakan “uniform”pelaksanaannya harus selalu melalui pribadi guru,jadi mengandung perbedaan individual. Selain itu guru juga dapat berusaha menyesuaikan kurikulum itu dengan perkembangan psikologis tiap siswa,atau dengan keadaan masyarakat tempat sekolah itu berada. Bahkan ada kesempatan untuk memberikan “muatan lokal” kepada kurikulum.
            Tanpa persiapan, guru tidak tahu dengan jelas akan kemana siswa harus dibimbing,tujuan apa yang harus dicapai,perubahan kelakuan apa yang harus dibangkitkan,hingga manakah tujuan pelajaran telah tercapai,kesulitan apa yang dihadapi,kelemahan apa yang harus diperbaiki demi peningkatan mutu. Mutu pendidikan bergantung pada mutu guru,dan mutu guru turut ditentukan oleh pemahamannya tentang seluk-beluk kurikulum.
Untuk lebih jelasnya mengenai kurikulum dan pengajaran terdapat pada uraian berikut ini :
1.      KONSEP-KONSEP DASAR KURIKULUM DAN PENGAJARAN
a.                   Pengertian Kurikulum
Menurut La-zimnya kurikulum dipandang sebagai suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses belajar-mengajar dibawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya.
Kurikulum formal meliputi :
·        Tujuan pembelajaran,umum dan spesifik
·        Bahan pelajaran yang tersusun sistematis
·        Strategi belajar-mengajar serta kegiatan-kegiatannya
·        Sistem evaluasi untuk mengetahui hingga mana tujuan tercapai
Kurikulum tak formal terdiri dari kegiatan-kegiatan yang juga direncanakan akan tetapi tidak berkaitan langsung dengan pelajaran akademis dan kelas tertentu.yang termasuk didalamnya: pertunjukan sandiwara,pertandingan antar kelas/ antar sekolah,perkumpulan berbagai hobi,pramuka,dan lain-lain.
b.                  Proses pengembangan kurikulum
Terdapat dua proses utama,yakni pengembangan pedoman kurikulum dan pengembangan pedoman instruksional. Pedoman kurikulum meliputi:
o   Latar belakang yang berisi rumusan falsafah dan tujuan lembaga pendidikan,populasi yang menjadi sasaran,rasional,struktur organisasi pelajaran.
o   Silabus yang berisi matapelajaran secara lebih terinci yakni scope(ruang lingkup) dan sequenc-nya(urutan penyajiannya).
o   Desain evaluasi termasuk strategi revisi atau berbaikan kurikulum mengenai bahan pelajaran dan organisasi bahan dan strategi instruksionalnya.
Pedoman instruksional untuk tiap mata pelajaran yang dikembangkan berdasarkan silabus.
c.                   Langkah-langkah dalam pengembangan pedoman kurikulum
1.      Kumpulkan keterangan mengenai faktor-faktor yang turut menentukan kurikulum serta latar belakangnya.
2.      Tentukan mata pelajaran atau mata kuliah yang akan diajarkan
3.      Rumuskan tujuan tiap mata pelajaran
4.      Tentukan hasil belajar yang diharapkan dari siswa dalam tiap matapelajaran
5.      Tentukan topik-topik tiap matapelajaran

d.                  Mutu pendidikan
Pendekatan pengembangan kurikulum dengan menyusun pedoman kurikulum dan pedoman instruksional bertujuan untuk meningkatkan mutu sekolah dan universitas dengan meningkatkan efektivitas mengajar.

e.                   Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan
Dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah,  pendidik mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan pengajaran atau sekarang lebih dikenal dengan istilah pembelajaran. Kegiatan pembelajaran diwujudkan dalam bentuk  interaksi  antara pendidik dengan peserta didik. Peserta didik memiliki tugas pokok belajar yakni berusaha memperoleh perubahan perilaku atau pencapaian kemampuan tertentu berdasarkan pengalaman belajarnya yang diperoleh dalam  berinteraksi dengan lingkungannya.
Untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu, pendidik berupaya “menyampaikan” sejumlah isi dan bahan pembelajaran kepada peserta didik melalui proses atau cara tertentu, serta melaksanakan evaluasi untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran, yang keseluruhannya dikemas dalam bentuk kurikulum. Dengan demikian, kurikulum dapat dikatakan sebagai salah satu komponen utama dalam sistem pendidikan.
f.                    Hubungan Kurikulum dengan Teori Pendidikan
Telah dikemukan di atas bahwa rumusan kurikulum dapat diklasifikasikan dalam dua pandangan, yakni pandangan tradisional (klasik)  dan pandangan modern. Hal ini dimungkinkan karena terjadinya  pergeseran dalam teori-teori pendidikan.
Kurikulum memang memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan teori pendidikan. Suatu kurikulum disusun dengan mengacu pada satu atau beberapa teori kurikulum dan teori kurikulum dijabarkan berdasarkan  teori pendidikan tertentu.
Nana S. Sukmadinata (1997) mengemukakan empat jenis hubungan kurikulum dengan teori pendidikan, yaitu :
1.    Pendidikan klasik (classical education), yang memandang bahwa pendidikan berfungsi sebagai upaya memelihara, mengawetkan dan meneruskan warisan budaya. Teori pendidikan ini lebih menekankan peranan isi pendidikan dari pada proses. Isi pendidikan atau materi  diambil dari khazanah ilmu pengetahuan yang ditemukan dan dikembangkan para ahli tempo dulu yang telah disusun secara logis dan sistematis. Dalam prakteknya, pendidik mempunyai peranan besar dan lebih dominan, sedangkan peserta didik memiliki peran yang pasif, sebagai penerima informasi dan tugas-tugas dari pendidik.
2.    Pendidikan pribadi (personalized education). Konsep pendidikan ini bertolak dari asumsi bahwa sejak dilahirkan anak telah memiliki potensi-potensi  tertentu. Pendidikan harus dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik dengan bertolak dari kebutuhan dan minat peserta didik. Dalam hal ini, peserta didik menjadi pelaku utama pendidikan, sedangkan pendidik hanya menempati posisi kedua, yang lebih berperan sebagai pembimbing, pendorong, fasilitator  dan pelayan peserta didik.
Teori ini memiliki dua aliran yaitu pendidikan progresif dan pendidikan romantik. Pendidikan progresif dengan tokoh pendahulunya- Francis Parker dan John Dewey - memandang bahwa peserta didik merupakan satu kesatuan yang utuh. Isi pengajaran berasal dari pengalaman peserta didik sendiri yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Ia merefleksi terhadap masalah-masalah yang muncul dalam kehidupannya. Berkat refleksinya itu, ia dapat memahami dan menggunakannya bagi kehidupan. Pendidik  lebih merupakan ahli dalam metodologi dan membantu perkembangan peserta didik sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya masing-masing. Pendidikan romantik berpangkal dari pemikiran-pemikiran J.J. Rouseau tentang tabula rasa, yang memandang setiap individu dalam keadaan fitrah,-- memiliki nurani kejujuran, kebenaran dan ketulusan.  
3.    Teknologi pendidikan, yakni suatu konsep pendidikan yang mempunyai persamaan dengan  pendidikan klasik tentang peranan pendidikan dalam menyampaikan informasi. Namun diantara keduanya ada yang berbeda. Dalam tekonologi pendidikan, lebih diutamakan adalah pembentukan dan penguasaan kompetensi atau kemampuan-kemampuan praktis, bukan pengawetan dan pemeliharaan budaya lama. Dalam konsep pendidikan teknologi, isi pendidikan dipilih oleh tim ahli bidang-bidang khusus. Isi pendidikan berupa data-data obyektif dan keterampilan-keterampilan yang  yang mengarah kepada kemampuan vocational . Isi disusun dalam bentuk desain program atau desain pengajaran dan disampaikan dengan menggunakan bantuan media elektronika dan para peserta didik belajar secara individual. Peserta didik berusaha untuk menguasai sejumlah besar bahan dan pola-pola kegiatan secara efisien tanpa refleksi. Keterampilan-keterampilan barunya segera digunakan dalam masyarakat. Guru berfungsi sebagai direktur belajar (director  of learning), lebih banyak tugas-tugas pengelolaan dari pada penyampaian dan pendalaman bahan.
4.    Pendidikan interaksional, yaitu suatu konsep pendidikan yang bertitik tolak dari pemikiran manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi dan bekerja sama  dengan manusia lainnya. Pendidikan sebagai salah satu bentuk kehidupan juga berintikan kerja sama dan interaksi. Dalam pendidikan interaksional menekankan interaksi dua pihak dari guru kepada peserta didik dan dari peserta didik kepada guru. Lebih dari itu, interaksi ini juga terjadi antara peserta didik dengan materi pembelajaran dan dengan lingkungan, antara pemikiran manusia dengan lingkungannya. Interaksi ini terjadi melalui berbagai bentuk dialog. Dalam pendidikan interaksional, belajar lebih sekedar mempelajari fakta-fakta. Peserta didik mengadakan pemahaman eksperimental dari fakta-fakta tersebut, memberikan interpretasi yang bersifat menyeluruh serta memahaminya dalam konteks kehidupan.


2.      DETERMINAN KURIKULUM
a.                  Landasan Filosofis
Filsafat  memegang peranan penting dalam pengembangan kuikulum. Sama halnya seperti dalam Filsafat Pendidikan, kita dikenalkan pada berbagai aliran filsafat, seperti : perenialisme, essensialisme, eksistesialisme, progresivisme,  dan rekonstruktivisme. Dalam pengembangan kurikulum pun senantiasa berpijak   pada aliran – aliran filsafat tertentu, sehingga akan mewarnai terhadap konsep dan implementasi kurikulum yang dikembangkan. Dengan merujuk kepada pemikiran Ella Yulaelawati (2003), di bawah ini diuraikan tentang isi dari-dari masing-masing aliran filsafat, kaitannya dengan pengembangan kurikulum.
Perenialisme lebih menekankan pada keabadian, keidealan, kebenaran dan keindahan dari pada warisan budaya dan dampak sosial tertentu. Pengetahuan  dianggap lebih penting dan kurang memperhatikan kegiatan sehari-hari. Pendidikan yang menganut faham ini menekankan  pada  kebenaran absolut , kebenaran universal yang tidak terikat  pada tempat dan waktu. Aliran ini lebih berorientasi ke masa lalu.
Essensialisme  menekankan pentingnya pewarisan budaya dan pemberian pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik agar dapat menjadi anggota masyarakat yang berguna. Matematika, sains dan mata pelajaran lainnya dianggap sebagai dasar-dasar substansi kurikulum yang berharga untuk hidup di masyarakat. Sama halnya dengan perenialisme, essesialisme juga lebih berorientasi pada masa lalu.
Eksistensialisme menekankan pada individu  sebagai sumber pengetahuan tentang hidup dan makna. Untuk memahami kehidupan seseorang mesti memahami  dirinya sendiri. Aliran ini mempertanyakan :  bagaimana saya hidup di dunia ? Apa pengalaman itu ?
Progresivisme menekankan pada pentingnya melayani perbedaan individual, berpusat pada peserta didik, variasi pengalaman belajar dan proses.  Progresivisme merupakan landasan bagi pengembangan belajar peserta didik aktif.
Rekonstruktivisme merupakan elaborasi lanjut dari aliran progresivisme.  Pada rekonstruktivisme, peradaban manusia masa depan sangat ditekankan. Di samping menekankan tentang perbedaan individual seperti pada progresivisme, rekonstruktivisme lebih jauh menekankan tentang pemecahan masalah, berfikir kritis dan sejenisnya. Aliran ini akan mempertanyakan  untuk apa berfikir kritis, memecahkan masalah, dan melakukan sesuatu ? Penganut aliran ini  menekankan pada hasil belajar dari pada proses.
Masing-masing aliran filsafat pasti memiliki kelemahan dan keunggulan tersendiri. Oleh karena itu, dalam praktek pengembangan kurikulum,  penerapan aliran filsafat cenderung dilakukan secara eklektif untuk lebih mengkompromikan dan mengakomodasikan berbagai kepentingan yang terkait dengan pendidikan.
b.                  Landasan Psikologis
Nana Syaodih Sukmadinata (1997) mengemukakan bahwa minimal terdapat dua  bidang psikologi yang mendasari pengembangan kurikulum yaitu (1) psikologi perkembangan dan (2) psikologi belajar. Psikologi perkembangan merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu berkenaan dengan perkembangannya. Dalam psikologi perkembangan dikaji tentang hakekat perkembangan, pentahapan perkembangan, aspek-aspek perkembangan, tugas-tugas perkembangan individu, serta hal-hal lainnya yang berhubungan perkembangan individu,  yang semuanya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan mendasari pengembangan kurikulum.   Psikologi belajar  merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dalam konteks belajar. Psikologi belajar mengkaji tentang hakekat belajar dan teori-teori belajar, serta berbagai aspek perilaku individu lainnya dalam belajar, yang semuanya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sekaligus mendasari pengembangan kurikulum. 
Sementara itu, berkenaan dengan landasan psikologis, Ella Yulaelawati memaparkan teori-teori psikologi yang mendasari Kurikulum 2004 yang berbasis kompetensi. Dengan mengutip pemikiran Spencer, Ella Yulaelawati mengemukakan pengertian kompetensi bahwa kompetensi merupakan “karakteristik mendasar dari seseorang yang merupakan hubungan kausal dengan referensi kriteria yang efektif dan atau penampilan yang terbaik dalam pekerjaan pada suatu situasi“. 
Selanjutnya, dikemukakan pula tentang  5 tipe kompetensi, yaitu :               
1.    motif; sesuatu yang dimiliki seseorang untuk berfikir secara konsisten atau keinginan untuk melakukan suatu aksi.
2.    bawaan; yaitu karakteristik fisik yang merespons secara konsisten berbagai situasi atau informasi.   
3.    konsep diri; yaitu tingkah laku, nilai atau image seseorang;                   
4.    pengetahuan; yaitu informasi khusus yang dimiliki seseorang; dan       
5.    keterampilan; yaitu kemampuan melakukan tugas secara fisik maupun mental.
Kelima kompetensi tersebut mempunyai implikasi praktis terhadap perencanaan sumber daya manusia atau pendidikan. Keterampilan dan pengetahuan cenderung lebih tampak pada permukaan ciri-ciri seseorang, sedangkan konsep diri, bawaan dan motif  lebih tersembunyi dan lebih mendalam serta merupakan pusat kepribadian seseorang. Kompetensi permukaan (pengetahuan dan keterampilan) lebih mudah dikembangkan. Pelatihan merupakan hal tepat untuk menjamin kemampuan ini. Sebaliknya, kompetensi bawaan dan motif jauh lebih sulit untuk dikenali dan dikembangkan.

c.                  Landasan Sosial-Budaya-IPTEK
Kurikulum dapat dipandang sebagai suatu rancangan pendidikan. Sebagai suatu rancangan, kurikulum menentukan   pelaksanaan  dan hasil pendidikan. Kita maklum bahwa pendidikan merupakan usaha mempersiapkan peserta didik untuk terjun ke lingkungan masyarakat. Pendidikan bukan hanya untuk pendidikan semata, namun memberikan bekal pengetahuan, keterampilan serta nilai-nilai untuk hidup, bekerja dan mencapai perkembangan lebih lanjut di masyarakat.
Peserta didik berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan baik formal maupun informal  dalam lingkungan masyarakat dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula.  Kehidupan masyarakat, dengan segala karakteristik dan kekayaan budayanya menjadi landasan dan sekaligus acuan bagi pendidikan.
Dengan pendidikan, kita tidak mengharapkan muncul manusia – manusia yang menjadi terasing dari lingkungan masyarakatnya, tetapi justru melalui pendidikan diharapkan dapat lebih mengerti dan mampu membangun kehidupan masyakatnya. Oleh karena itu, tujuan, isi, maupun proses pendidikan harus disesuaikan dengan kondisi, karakteristik, kekayaan dan perkembangan  yang ada di masyakarakat.
Setiap lingkungan masyarakat masing-masing memiliki sistem-sosial budaya tersendiri yang mengatur pola kehidupan dan pola hubungan antar anggota masyarakat. Salah satu aspek penting dalam sistem sosial budaya adalah tatanan nilai-nilai yang mengatur cara berkehidupan dan berperilaku para warga masyarakat.   Nilai-nilai tersebut dapat bersumber dari agama, budaya, politik atau segi-segi kehidupan lainnya.
Sejalan dengan perkembangan masyarakat maka nilai-nilai yang ada dalam masyarakat juga turut berkembang sehingga menuntut setiap warga masyarakat  untuk melakukan perubahan dan penyesuaian terhadap tuntutan perkembangan yang terjadi di sekitar masyarakat.
Israel Scheffer (Nana Syaodih Sukamdinata, 1997) mengemukakan bahwa melalui pendidikan manusia mengenal peradaban masa lalu, turut serta dalam peradaban sekarang dan membuat peradaban masa yang akan datang.
Pada awalnya, ilmu pengetahuan dan teknologi  yang dimiliki manusia masih relatif sederhana, namun sejak abad pertengahan mengalami perkembangan yang pesat. Berbagai penemuan teori-teori baru terus berlangsung hingga saat ini dan dipastikan kedepannya akan terus semakin berkembang  
Akal manusia telah mampu menjangkau hal-hal yang sebelumnya merupakan sesuatu yang  tidak  mungkin. Pada jaman dahulu kala, mungkin orang akan menganggap mustahil kalau manusia bisa menginjakkan kaki di Bulan, tetapi berkat kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada pertengahan abad ke-20, pesawat Apollo  berhasil mendarat di Bulan dan Neil Amstrong merupakan orang pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan.
Perkembangan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, terutama dalam bidang transportasi dan komunikasi telah mampu merubah tatanan kehidupan manusia. Oleh karena itu, kurikulum seyogyanya dapat mengakomodir dan mengantisipasi laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga peserta didik dapat mengimbangi dan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemaslahatan dan kelangsungan hidup manusia.
Berkenaan dengan pengembangan Kurikulum 2004, Ella Yulaelawati memaparkan kondisi-kondisi sosiologis yang terjadi saat ini. Dikemukakan, bahwa kurikulum perlu merespons terhadap perubahan yang terjadi dalam interaksi masyarakat lokal  dan masyarakat global.
Kemajuan cepat dunia dalam bidang informasi dan teknologi dalam dua dasa warsa terakhir telah berpengaruh pada peradaban manusia melebihi jangkauan pemikiran manusia sebelumnya. Pengaruh ini terlihat pada pergeseran tatanan sosial, ekonomi dan politik yang memerlukan keseimbangan baru antara nilai-nilai, pemikiran dan cara-cara kehidupan yang berlaku pada konteks global dan lokal. 
Selain itu, dalam abad pengetahuan sekarang ini, diperlukan masyarakat yang berpengetahuan melalui belajar sepanjang hayat dengan standar mutu yang tinggi. Sifat pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai masyarakat sangat beragam dan canggih, sehingga diperlukan kurikulum yang disertai dengan kemampuan meta-kognisi dan kompetensi untuk berfikir dan belajar bagaimana belajar (learning to learn) dalam mengakses, memilih dan menilai pengetahuan, serta mengatasi siatuasi yang ambigu dan antisipatif terhadap ketidakpastian. Kurikulum  juga perlu memuat isu-isu global, seperti : demokrasi, hak dan kewajiban manusia, isu lingkungan, dan peningkatan konsensus terhadap nilai-nilai lokal dan universal.

d.                  Falsafah lembaga pendidikan
Kita diindonesisa memiliki falsafah nasional yang tegas,pancasila yang berfungsi sebagai pegangan bagi lembaga pendidikan untuk pengembangan falsafah atau pandangan masing-masing sesuai dengan missi dan tujuan nasional serta nilai-nilai masyarakat yang dilayaninya.

e.                  Falsafah pengajar/guru
Tiap guru harus mempunyai gambaran yang jelas mengenai falsafah lembaga pendidikan tempat ia bekerja. Sebaiknya falsafah guru sendiri konsisten dengan falsafah sekolah agar dapat membimbing siswa ke arah tujuan pendidikan seperti dirumuskan dalam kurikulum.

f.                    Dua dimensi yang saling berkaitan dari determinan psikologis :
-         Teori belajar
-         Hakikat pelajar secara individual antara lain berkenaan dengan taraf :
a.       Motivasi
b.      Kesiapan
c.       Kematangan intelektual
d.      Kematangan emosional
e.       Latar belakang pengalaman

g.                  Teori-teori belajar utama
Pada pokoknya terdapat lima kelompok teori belajar utama,yakni :
                             I.            Behaviorisme
                           II.            Psikologi daya
                        III.            Perkembangan kognitif
                        IV.            Teori lapangan (teori gestalt)
                          V.            Teori kepribadian
                        VI.             

3.      PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
a.                  Pendekatan bidang studi
Pendekatan ini menggunakan bidang studi atau matapelajaran sebagai dasar organisasi kurikulum,misalnya matematika,sains,sejarah,geografi,atau IPA,IPS,dan sebagainya.
b.                  Pendekatan interdisipliner
Dalam pelajaran telah dilibatkan berbagai disiplin ilmu seperti geografi (lokasi rumah),ekonomi (biaya rumah tangga),matematika (pengeluaran setiap pagi untuk membeli sayur,dan sebagainya).

c.                  Pendekatan rekonstruksionisme
Pendekatan ini disebut juga rekonstruksi sosial karena memfokuskan kurikulum pada masalah-masalah penting yang dihadapi dalam masyarakat,seperti polusi,ledakan penduduk,kemiskinan,malapetaka akibat kemajuan teknologi,perang dan damai,keadilan sosial,hak asasi manusia,dan lain-lain.
Peranan guru ialah sebagai orang yang menganjurkan perubahan (agent of change) mendorong siswa menjadi partisipan aktif dalam proses perbaikan masyarakat.

d.                  Pendekatan Humanistik
Kurikulum ini berpusat pada siswa, jadi “student-center”. Dan mengutakan perkembangan afektif siswa sebagai persyaratan dan sebagai bagian integral dari proses belajar. Para pendidik humanistik yakin,bahwa kesejahteraan mental dan emosional siswa harus dipandang sentral dalam kurikulum,agar belajar itu memberi hasil maksimal.Pendekatan pembelajaran humanistik memandang manusia sebagai subyek yang bebas merdeka untuk menentukan arah hidupnya. Manusia bertanggungjawab penuh atas hidupnya sendiri dan juga atas hidup orang lain. Pendekatan yang lebih tepat digunakan dalam pembelajaran yang humanistik adalah pendekatan dialogis, reflektif, dan ekspresif. Pendekatan dialogis mengajak peserta didik untuk berpikir bersama secara kritis dan kreatif. Pendidik tidak bertindak sebagai guru melainkan fasilitator dan partner dialog; pendekatan reflektif mengajak peserta didik untuk berdialog dengan dirinya sendiri; sedangkan pendekatan ekspresif mengajak peserta didik untuk mengekspresikan diri dengan segala potensinya (realisasi dan aktualisasi diri). Dengan demikian pendidik tidak mengambil alih tangung jawab, melainkan sekedar membantu dan mendampingi peserta didik dalam proses perkembangan diri, penentuan sikap dan pemilahan nilai-nilai yang akan diperjuangkannya.
Pendidikan yang humanistik menekankan bahwa pendidikan pertama-tama dan yang utama adalah bagaimana menjalin komunikasi dan relasi personal antara pribadi-pribadi dan antar pribadi dan kelompok di dalam komunitas sekolah. Relasi ini berkembang dengan pesat dan menghasilkan buah-buah pendidikan jika dilandasi oleh cinta kasih antar mereka. Pribadi-pribadi hanya berkembang secara optimal dan relatif tanpa hambatan jika berada dalam suasana yang penuh cinta (unconditional love), hati yang penuh pengertian (understanding heart) serta relasi pribadi yang efektif (personal relationship). Dalam mendidik seseorang kita hendaknya mampu menerima diri sebagaimana adanya dan kemudian mengungkapkannya secara jujur (modeling). Mendidik tidak sekedar menransfer ilmu pengetahuan, melatih keterampilan verbal kepada para peserta didik, namun merupakan bantuan agar peserta didik dapat menumbuhkembangkan dirinya secara optimal.

e.                  Pendekatan accountability
Accountability atau pertanggungjawaban lembaga pendidik-an tentang pelaksanaan tugasnya kepada masyarakat, akhir-akhir ini tampil sebagai pengaruh yang penting dalam dunia pendidikan. Namun, menurut banyak pengamat pendidikan accountability ini telah mendesak pendidikan dalam arti yang sebenarnya menjadi latihan belaka.
Accountability yang sistimatis yang pertama kalinya diperkenalkan Frederick Taylor dalam bidang industri pada permulaan abad ini. Pendekatannya, yang kelak dikenal sebagai “scientific management” atau manajemen ilmiah, menetapkan tugas-tugas spesifik yang harus diselesaikan pekerja dalam waktu tertentu.

f.                    Pendekatan pembangunan nasional
Pendekatan ini mengandung tiga unsur :
1. Pendidikan kewarganegaraan
Dalam masyarakat demokratis, warganegara dapat dimasukkan dalam tiga kategori:
·         Warganegara yang apatis
·         Warganegara yang pasif
·         Warganegara yang aktif
2. Pendidikan sebagai alat pembangunan nasional
Tujuan pendidikan ini adalah mempersiapkan tenaga kerja yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan. Para pengembang kurikulum bertugas untuk mendisain program yang sesuai dengan analisis jabatan yang akan diduduki.
3. Pendidikan keterampilan praktis bagi kehidupan sehari-hari
Keterampilan yang diperlukan bagi kehidupan sehari- hari dapat dibagi dalam beberapa kategori yang tidak hanya bercorak keterampilan akan tetapi juga mengandung aspek pengetahuan dan sikap, yaitu:
· Keterampilan untuk mencari nafkah dalam rangka sistim ekonomi suatu negara.
· Keterampilan untuk mengembangkan masyarakat.
· Keterampilan untuk menyumbang kepada kesejahteraan umum.
· Keterampilan sebagai warganegara yang baik

4.      TUJUAN PENGAJARAN
Bila misalnya tujuan ialah “membantu siwa mengembangkan sikap positif terhadap kesegaran dan kesehatan jasmani” maka maksudnya ialah agar siswa didorong untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kesehatannya.
Tujuan pendidikan,demikian pula tujuan matapelajaran lazim dirumuskan dari tiga aspek,yakni aspek kognitif,afektif,dan psikomotor.

a.                  Hasil belajar siswa
Hasil belajar siswa dirumuskan sebagai tujuan instruksional umum dinyatakan dalam bentuk yang lebih spesifik dan merupakan komponen dari tujuan umum matakuliah atau bidang studi.

b.                  Ranah belajar kognitif
Ranah ini mempunyai enam tingkatan dari yang paling rendah: pengetahuan dasar (fakta,peristiwa,informasi,istilah) sampai yang paling tinggi: evaluasi (pandangan yang didasarkan atas pengetahuan dan pemikiran) sehingga merupan suatu hierarki.

c.                  Ranah belajar afektif
Dalam garis besarnya ranah afektif sebagai berikut:
1.      Menerima (memperhatikan) ada kepekaan terhadap adanya kondisi,gejala,keadaan atau masalah tertentu.
2.      Merespon. Memberi reaksi terhadap suatu gejala secara terbuka.
3.      Menghargai . memberi penilaian atau kepercayaan kepada suatu gejala yang cukup konsisten.
4.      Organisasi. Mengembangkan nilai-nilai sebagai suatu sistem,termasuk hubungan antar nilai dan tingkat prioritas nilai-nilai itu.
5.      Karakteristik suatu nilai atau perangkat nilai.

d.                  Ranah belajar Psikomotor
Ranah ini kurang mendapat perhatian para pendidik dibandingkan dengan kedua ranah lainnya.

e.                  Pandangan atas ketiga ranah
Bila kita tinjau secara horizontal, maka kita lihat adanya kesamaan pada tiap tingkatan,khususnya pada tingkat rendah dan paling tinggi. Misalnya pada tingkat rendah :
Kognitif            _          pengetahuan dasar        -           mengingat informasi
                                                                                                (S – R)
Afektif              -           nilai dasar                     -           pembentukan kebiasaan
                                                                                                (S – R)
Psikomotor       -           reaksi dasar                  -           respons terhadap stimulus
                                                                                                (S – R)


f.                    Perumusan masalah
Ketiga ranah belajar harus diperhatikan dengan cermat dalam perumusan tujuan umum. Pendesai kurikulum harus merumuskan dengan jelas apakah yang diharapkan sebagai hasil belajar siswa,apakah tujuan pelajaran.atau memupuk pengertian dan penghargaan atas keanekaragaman geografis tanah air kita ini.


5.      STRATEGI DAN SUMBER MENGAJAR
a.                  Strategi mengajar
Strategi mengajar adalah pendekatan umum dalam mengajar dan tidak begitu terinci dan bervariasi dibanding dengan kegiatan belajar siswa seperti yang dicantumkan dalam rencana instruksional atau persiapan satuan pelajaran.
Tiap strategi mengajar mempunyai sejumlah kebaikan akan tetapi disamping itu ada pula kelemahan masing-masing.

b.                  Sumber mengajar
Sumber mengajar sudah harus diusahakan pada pedoman kurikulum. Pada taraf ini hendaknya dikerahkan sedapat mungkin tenaga pengajar untuk bersama-sama menyiapkan segala sumber mengajar yang diperlukan. Sumber-sumber mengajar biasanya banyak memerlukan waktu untuk mngembangkannya oleh sebab itu sebaiknya dikembangkab oleh team daripada oleh individu secara tersendiri. Sumber mengajar yang siap dibuat harus segera dicatat dalam katalog. Agar sistematis diberi kode tertentu. Sumber itu disimpan dilokasi yang sentral agar mudah digunakan oleh setiap pengajar.


6.      MEMDESAIN RENCANA EVALUASI KURIKULUM
a.                  Tujuan evaluasi
Tujuan evaluasi kurikulum dimaksudkan untuk memeriksa ketercapaian tujuan pendidikan  yang ingin diwujudkan melalui kurikulum yang bersangkutan indikator kinerja yang akan dievaluasikan yang merupakan  efektivitas program.
Dalam sebuah evaluasi harus berpatokan pada kurikulum atau silabi dan dirancang secara jelas yaitu apa yang harus dinilai, materi penilaian, alat penilai, dan interpretasi hasil penilaian.
Beberapa prinsip yang harus dipegang dalam suatu pelaksanaan evaluasi pendidikan:
1. Keterpaduan.
Evaluasi tersebut harus memegang pada prinsip-prinsip  keterpaduan atau keselarasan. Dimana ada kesesuaian antara tujuan intruksional pengajaran tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan metode pembelajaran.
2. Keterlibatan peserta didik
Dalam sebuah prinsip  evaluasi harus memperhatikan keterlibatan peserta didik merupakan suatu hal yang mutlak, karena keterlibatan peserta didik dalam evaluasi bukan alternatif dan seluruhnya mempunyai keterkaitan yang erat.
3. Koherensi
Suatu evaluasi pendidikan harus berkaitan dengan materi pembelajaran yang telah dipelajari dan sesuai dengan ranah kemampuan peserta didik yang hendak diukur. Dan keselarasan peseta didik dengan pembelajaran harus sesuai.
4. Pedagogis
Pedagogis adalah seni dalam mengajar. Prinsip evaluasi pendidikan yang ketujuah adalah perlu adanya alat penilai dari aspek pedagogis untuk melihat perubahan sikap dan perilaku sehingga pada akhirnya hasil evaluasi mampu menjadi motivator bagi diri siswa atau peserta didik.
5. Akuntabel
Sudah semestinya hasil evaluasi haruslah menjadi alat akuntabilitas atau bahan pertanggungjawaban bagi pihak yang berkepentingan seperti orangtua siswa, sekolah, dan lainnya.

b.                  Proses dan metodologi penilaian
Berbagai model desain kurikulum memerlukan berbagai cara evaluasi yang berbedah pula. Salah satu contoh model yang sering digunakan adalah desain tujuan. Evaluasi ini terdiri atas langkah-langkah sebagai berikut:
Pelaksanaan evaluasi internal ­à Rancangan revisi à Pendapat ahli à Komentar yang dapat dipercaya à Model kurikulum.
Dalam program evaluasi ini masih terdapat perbedaan pendapat tentang apakah ahli yang melaksanakan kurikulum harus juga ahli dalam bidang ilmu tersebut.  Banyak peneliti yang berpendapat bahwa jika ahli tersebut mempunyai kekurangan dalam teknik evaluasi kurikulum, mungkin akan dihasilkan hal-hal yang bias. Meskipun demikian, ada pula ahli yang mengemukakan empat langkah evaluasi kurikulum yang berfokus  pada tujuan, yaitu evaluasi awal, evaluasi formatif, evaluasi sumatif, dan evaluasi jangka panjang.
Dari dua macam pendapat tadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa jika dikatagorikan secara personal, evaluasi ini berupa evaluasi internal dan eksternal. Apabila dikatagorikan secara sifat, terdapat dua macam evaluasi, yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Pada saat ini terdapat berbagai model evaluasi yang dapat dijadikan pegangan untuk mendesain proses dan metode penilaian kurikulum. Model mana yang digunakan bergantung pada tujuan evaluasi, waktu dan biaya yang tersedia dan tingkat kecermatan dan kespesifikan yang diinginkan.
Di bawah ini akan kita bicarakan lima model secara singkat:

a.        Model Deskrapansi Provus
Model ini termasuk model yang paking mudah direncanakan dan dilaksanakan. Dari sini kita hanya membandingkan hasil atau performance yang nyata dengan standart yang telah dtentukan. Kesulitan yang paling besar ialah merumuskan standart performance yang cukup spesifik agar dapat digunakan untuk mnegukur diskrepansi, yakn beda performance yang standart.


b.        Model Kontongensi-kontingensi Stake
Yang menarik arhatian stake ialah bahwa hasil yang diharapkan oleh pengajar sering berbeda dengan hasil yang nyata menurut penelitian objektif oleh team ahl penilai eksternal. Guru berusaha mencapai tujuan khusu tertentu, akan tetapi ternyata hasil belajar siswa berbeda sekali dengan apa yang diharapkan guru itu.
Model Stake meneliti tiga variable yakni antiseden, transaksi, dan hasil belajar, masing-masing ditinjau dari segi “apa yang diharpakan” dan “apa yang diamati.”
Selain juga diselidiki “contigency” atau hubungan antara antiseden, transaksi, dan hasil belajar seperti yang diharapkan dan yang diobservasi. Kontingensi pada bagian yang diharapkan ditinjau secara logis, yakni seperti apa yang diharapkan oleh guru mengenai transaksi berdasarkan entry behavior siswa dan bagaimana hasil-hasil yang diharapkan oleh guru setelah proses belajar mengajar. Pada bagian observasi hubungan antara ketiga aspek itu diselidiki berdasarkan data yang nyata.

c.        Model CIPP Stufflebeam
CIPP (Contect – input – Process – Product = Konteks – input – Proses - Produk) adalah suatu model evaluasi yang dikembangkan oleh Stufflebeam cs yang bertujuan untuk membantu dalam perbaikan kurikulum, tetapi juga untuk memnagmbil keputusan apakah program itu dihentikan saja.
Model ini mengan dung empat komponen, yakni konteks, input, proses, dan produk, dan masing-masing perlu penilaian sendiri. Evaluasi konteks meliputi penelitian mengenai lingkungan sekolah, pengaruh-pengaruh di luar sekolah.
Model ini mengutamakan evaluasi formatif yang kontinu sebagai cara untuk meningkatkan hasil belajar. Namun focus penilaian bukan hanya hasil belajar melainkan keseluruhan kurikulum serta lingkungannya (CIPP).
Penilaian dilakukan dengan membandingkan performance yang nyata dengan penilian yang telah disepakati. Menentukan standart harus mempertimbangkan banyak factor. Antara lain performance siswa dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotor, kemampuan guru mengajar, administrasi sekolah, fasilitas, alat dan sumber mengajar, kurikulum, pedoman intrukional, determinan kurikulum, falsafah, dan mis lembaga. Data yang dikumpulkan dibandingkan dan dinilai berdasarkan standart itu.

d.    Model Transformasi Kualitatif Eisner
Menurut observasi Eisner pendidikan telah terlampau jauh bergerak kea rah akuntabilitas yang ketat seperti yang terdapat dalam perusahaan dan indutri. Eisner berpendapat bahwa pendidikan adalah kegiatan yang bercorak artistic selain mengandung unsur latihan. Jika belajar mengajar pada hakikatnya artistic maka proses evaluasinya harus apa yang dilakukan dalam kritik seni. Maka kritik kurikulum hendaknya berusaha melihat aspek individual yang signifikan dalam pelaksanaan kurikulum. Proses kurikulum hendaknya meliputi tiga aspek yakni yang bersifat (1) deskriptif, (2) interpretative, dan (3) evaluative.
Penilaian berdasarkan atas standart klasik mengenai apakah yang berharga dan bernilai dengan melakukan interpretasi intuitif oleh pakar dalam lapangan ini. Tidak ditemukan standart secara arbitrer oleh sebab menghargai aspek kepribadian dalam performance seseorang.

e.    Model lingkaran Tertutup Corrigan
Model ini mengandung komponen dari model evaluasi lainnya. Ciri utama model Corrigan ini ialah adanya system balikan formatif-korektif selain proses evaluasi sumatif-terminal. Tiaphasil evaluasi mengenai tiap langkah digunakan sebagai balikan agar segera dapat diadakan perbaikan, dapat diisi kesenjangan atau ditiadakan tumpang tindih, jadi model ini mengandalkan tinjauan yang kontinu dan tidak menunggu sampai akhir program.
Seperti halnya dengan Provus, model Corrigan menggunakan analisis diskrepansi antara apa yang dicapai dengan standar yang diinginkan. Analisis diskrepansi langsung digunakan sebagai alat korektif.  Dengan demikian perbaikan juga dilakukan denga terus menerus pula. Evaluasi hanya dapat dialakukan bila ditetapkan standar sebagai alat mengukur keberhasilan tiap langkah.
Kelima model evaluasi kurikulum yang kami bicarakan di atas sangat singkat dan sekdar untuk memperkenalkannya saja. Bila kita bermaksud untuk menerapkannya kta harus mempelajarinya secara lebih mendalam dari buku-buku yang khusus membicarakan model evaluasi tertentu.

c.                  Komponen desain evaluasi
Setelah seorang evaluator memilih satu atau semua strategi tersebut, ia selanjutnya perlu membuat rencana rincian atau desain yang lengkap dalam upaya implementasi evaluasi. Rencana tersebut terdiri atas beberapa komponen berikut:
a.      Penentuan garis besar evaluasi
·     Identifikasi tingkat pembuatan keputusan; dan
·     Proyek situasi keputusan bagi setiap tingkat pembuatan keputusan dengan menetapkan lokasi, fokus, waktu, dan komposisi alternatifnya.
b.     Pengumpulan informasi
·     Spesifikasi sumber-sumber informasi yang akan dikumpulkan;
·     Spesifikasi instrumen dan metode pengumpulan informasi yang diperlukan;
·     Spesifikasi prosedur sampling yang akan digunakan; dan
·     Spesifikasi kondisi dan skedul informasi untuk dikumpulkan.
c.       Organisasi informasi
·     Spesifikasi format informasi yang akan dikumpulkan; dan
·     Spesifikasi alat pengkodean, pengorganisasian, dan penyimpanan informasi.
d.     Analisis informasi
Spesifikasi prosedur analisis yang akan dilaksanakan dan spesifikasi alat untuk melaksanakan analisis.
e.      Pelaporan informasi
·     Penentuan pihak penerima (audience) laporan evaluasi;
·     Spesifikasi alat penyedia informasi pada penerima informasi;
·     Spesifikasi format laporan informasi; dan
·     Jadwal pelaporan informasi.
f.      Administrasi evaluasi
·     Rangkuman jadwal evaluasi;
·     Penentuan staf dan berbagai tuntutan sumber, serta perencanaan pemenuhan tuntutan tersebut;
·     Spesifikasi alat untuk memenuhi tuntutan kebijakan dalam melaksanakan evaluasi; dan
·     Penilaian keampuhan desain evaluasi guna menyediakan informasi yang valid, reliable, credible, dan sesuai dengan waktu yang tersedia.
d.                  Mengumpulkan, Menyusun dan Mengolah Data
Jenis data yang dikumpulkan akan sangat berbeda bagi setiap langkah. Dalam menilai TIU dan TIK, data yang dikumpulkan harus bertalian dengan kebutuhan menurut analisis masalah.
Data yang dikumpulkan bagi evaluasi pada umumnya termasuk dua kategori:
1. Data “keras” berupa fakta seperti score test, absensi, pembiayaan, dan sebagainya.
2. Data “lunak” seperti persapsi dan pendapat orang yang dapat berbeda-beda.
Alat yang digunakan juga berbeda menurut model evaluasi dan tujuan evaluasi. Alat pengumpulan data keras pada pokoknya mengumpulkan data berupa score, jumlah, dan taraf atau skala.
Kemudian langkah selanjutnya adalah mengorganisasikan data agar dapat diolah. Proses pengolahan secara artistik maupun analitik harus diuraikan dengan jelas dalam metodologi penilaian.

f.                    Menganalisis dan Melaporkan Data
Proses analisi data langsung berhubungan dengan tujuan evaluasi. Jika misalnya tujuan satu telah jelas dipaparkan, maka proses analisis langkah itu menjadi jelas pula.
Laporan evaluasi biasanya terdiri atas tiga hal, yakni :
a.   Hasil-hasil, yaitu apa yang telah ditemukan berdasrakan data yang telah dikumpulkan.
b.   Kesimpulan, yaitu keputusan yang dapat diambil berdasarkan data itu dan apakah data telah cukup untuk mendukung keputusan itu.
c.   Rekomendasi, apakah cukup data untuk mendukung kelangsungan kurikulum, ataukah disarankan agar dijalankan lanjutan penilaian agar diperoleh data yang lebih banyak.
Desain evaluasi kurikulum harus dimasukkan sebagai bagian integral dari Pedoman Kurikulum, bila kita ingin memperoleh gambaran yang jelas mengenai keamphan dan kelemahan Pedoman kurikulum itu. Sebaiknya kita kumpulkan pula data anteseden menganai keadaan sekolah serta kurikulumnya sebelum dilaksanakan kurikulum baru agar dapat diaadakan perbandingan tentang perubahan-perubahan yang telah terjadi.
Desain evaluasi kurikulum harus disiapkan dnegan cermat dan meliputi antara lain :
a.   Beberapa kali dan kapan akan diadakan evaluasi, proses apa yang akan dijalankan ?
b.   Data apa yang akan dikumpulkan, dari siapa, oleh siapa ? dan kapan ?
c.   Siapakah yang akan bertanggungjawab atas pengumpulan dean analisis data ?
d.   Keputusan apa yang kan diambil menganai kurikulum, kapan, dan oelh siapa ?
Hanya berkat evaluasi kurikulum kita data mengetahui dimana kita berada dan kemana kita pergi. Tanpa kedua titik orientasi itu proses kurikulum maupun intruksional seakan-akan kita biarkan bekelana tanpa kita ketahui kemana arahnya.



7.      DESAIN RENCANA INSTRUKSIONAL PENGAJARAN AFEKTIF
Pengajaran afektif
Untuk memahami dasar-dasar pengembangan sistem dan disain instruksional, perlu diketahui terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan "Pengajaran" (instruction). Menurut Merril (1971, p. 10), "pengajaran" adalah suatu kegiatan di mana seseorang dengan sengaja diubah dan dikontrol, dengan maksud agar ia dapat bertingkah laku atau bereaksi trrhadap kondisi tertentu. Pengajaran merupakan salah satu bagian dari keseluruhan kegiatan mengajar. Termasuk di dalamnya adalah menyiapkan pengalaman yang siap dipakai, mengrejakan tugas-tugas administrasi, mengadakan pende­katan terhadap siswa,dan sebagainya. Pengajaran berbeda dengan pengembangan kurikulum. Pengem­bangan kurikulum meliputi penyusunan disain suatu bidang studi (sub­ject matter) dari suatu tingkat sekolah atau lembaga pendidikan tertentu. Pengajaran lebih menekankan pada aspek bagaimana (how to), sedang pengembangan kurikulum lebih menekankan pada aspek "apa" (what to). Keputusan yang berkenaan dengan kurikulum berorientasi kepada isi atau materi (content oriented), sedang putusan yang berkenan dengan pengajaran adalah berorientasi kepada proses (process oriented). Pengajaran erat berkait dengan belajar namun tak persis sama. Belajar merupakan suatu proses yang berlangsung sepanjang kehidupan makhluk hidup. Pengajaran hanya berlangsung manakala usaha tertentu telah dibuat untuk mengubah suatu keadaan sedemikian rupa, sehingga suatu hasil belajar tertentu dapat dicapai. Dengan demikian "kesenga­jaan" merupakan karakteristik dari suatu pengajaran.

Apakah yang dimaksudkan dengan Pengembangan Sistem lnstruksio­nal?Dihubungkan dengan pengertian "Instruction" seperti tersebut di atas, maka definisi pengembangan sistem instruksional adalah "suatu. proses menentukan dan menciptakan situasi dari kondisi tertentu yang menyebabkan siswa dapat berinteraksi sedemikian rupa sehingga terjadi perubahan di dalam tingkah lakunya" (Carey, 1977, p. 6). Pengembangan sistem instruksional lebih lanjut meliputi proses "monitoring" interaksi siswa dengan situasi dan pengalaman belajar, agar para penyusun disain instruksional dapat menilai efektifitas suatu disain. Pengembangan sistem instruksional senantiasa didasarkan atas pengalaman empiris, dan prinsip-prinsip yang telah teruji kebenarannya, dalam arti telah ditentukan berdasar prosedur yang sistematis, peng­amatan yang tepat, dan percobaan yang terkontrol. Hal ini berbeda dengan metode atau cara mengajar yang diperoleh se­cara tradisional dan dikembangkan melalui pengalaman semata-mata,

Apakah yang dikerjakan oleh para pengembang sistem dan disain in­struksional ? Kegiatan pokok bagi para pengembang sistem dan disain instruk­sional meliputi:
  1. Menentukan hasil belajar dalam arti prestasi siswa yang bisa diamati dan diukur (learning outcomes).
  2. Identifikasi karakteristik siswa yang akan belajar.
  3. Berdasar 1 dan 2 tersebut, memilih dan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar bagi para siswa.
  4. Menentukan media untuk kegiatan tersebut.
  5. Menentukan situasi dan kondisi, dalam mana responsi siswa akan diamati dan dipandang sebagai salah satu contoh dari tingkah laku yang diharapkan.
  6. Menentukan kriteria, seberapa prestasi siswa telah dianggap cukup.
  7. Memilih metode yang tepat untuk menilai kemampuan siswa untuk mendemonstrasikan tingkah laku seperti tersebut pada angka 1.
  8. Menentukan metode untuk memonitor responsi siswa- sewaktu­
  9. berada dalam proses pengajaran dan sewaktu dievaluasi.
  10. Mengadakan perbaikan yang diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar bila ternyata responsi siswa tidak sesuai dengan hasil yang telah ditentukan.       
    Dua Macam Proses Pengembangan Sistem dan Disain Instruksional
    Prosedur atau proses yang ditempuh oleh para pengembang sistem instruksional bisa meliputi dua cara: 1). Dengan pendekatan secara empiris: Proses ini dilaksanakan tanpa menggunakan dasar-dasar teori secara sistematis. Di sini paket atau bahan pengajaran disusun berdasar pengalaman si pengembang, siswa disuruh mempelajari lalu hasilnya diamati. Bila hasilnya tak sesuai dengan apa yang diharapkan, materi pengajaran tersebut direvisi dan pekerjaan penyusunan paket (materi) penga­jaran diulang.. Tentu saja pendekatan semacam ini mempunyai beberapa kelemah­an. (a). Setiap pengembang harus mulai dari awal untuk mencari atau menemukan semua langkah dan dasar yang diperlukan untuk mengembangkan suatu materi pengajaran. (b). Berulang kalinya pembuatan materi (paket) pengajaran baru. Hal ini berarti menghendaki berulang kau uji coba, dan ini berarti kurang efisien. (2). Dengan mengikuti atau membuat suatu model (paradigm approach). Menurut pendekatan ini, hasil belajar yang diharapkan, bisa diklasi­fikasikan sesuai dengan tipe-tipe tertentu. Untuk, tiap tipe tujuan khusus (objective) dapat dipilihkan cara-cara tertentu untuk menca­painya, kondisi tertentu untuk mengamati responsi siswa bisa dicip­takan, dan perubahan-perubahan bilamana perlu bisa diadakan. Di dalam penyusunan disain instruksional, diadakan langkah-langkah secara sistematis, sehingga uji coba secara empiris terhadap suatu program dapat mendorong untuk adanya informasi mengenai efektifitas suatu program, yang sekaligus bisa untuk menguji model tersebut.

    Apakah yang dimaksud dengan model (paradigm) Pengembangan Sistem Instruksional ?Model pengembangan sistem instruksional sering dibedakan dengan teori belajar dalam beberapa hal. Teori belajar atas dasar ilmu jiwa eksperimen terutama tertarik untuk menjelaskan proses yang terjadi warga belajar, apa yang menyebabkan ia berubah tingkah lakunya sebagai hasil yang diperoleh dari pengalaman atau interaksinya dengan lingkungan belajar. Juga titik beratnya adalah pada mekanisme yang terjadi pada warga belajar.
    Model pengembangan sistem instruksional di lain pihak, berusaha untuk menentukan prosedur secara khusus dalam mengamati berbagai macam klasifikasi tingkah laku warga belajar, dan prosedur untuk mengubah rangsangan sedemikian rupa sehingga tingkah laku siswa sesuai dengan hasil yang diharapkan dalam suatu interaksi dengan lingkungan. Jadi, titik beratnya ialah pada mekanisme dan proses dalam suatu macam lingkungan tertentu, dalam suatu susunan tertentu untuk membawa perubahan tingkah laku siswa.
    Psikologi belajar lebih banyak mempersoalkan keadaan (conditions) yang diperlukan untuk membuat belajar lebih efektif dan efisien. Meski antara teori belajar dan pengembangan sistem instruksional sangat erat hubungannya, namun ada perbedaan sedikit mengenai penekanannya. Teori belajar menjelaskan fungsi-fungsi yang ada di dalam siswa, sedang pengembangan sistem instruksional menentukan kondisi dan lingkungan untuk mengubah dan mengamati perubahan tingkah laku siswa.
    Siapakah yang dimaksud dengan Pengembang Sistem dan Disain In­struksional ?Mengingat pengembangan sistem dan disain instruksional bisa ter­jadi pada berbagai tingkat dan macam bidang, maka kelompok-kelom­pok berikut adalah merupakan contoh "developer dan designer":
  1. Guru Sekolah. Para guru sekolah dapat dipandang sebagai "developer dan designer". Namun ada perdebatan mengenai hal ini, sebab kenyataannya banyak para guru hanyalah sekedar pemakai hasil orang lain, misalnya buku teks, modul, pengajaran ber­programa,dan sebagainya.
  2. Pengarang. Para pengarang paket pengajaran seperti modul, buku paket, kumpulan tes, diktat, dapat pula dipandang sebagai "developer dan designer". Namun perlu dipertanyakan, seberapa banyak prinsip-prinsip pengembangan instruksional diterapkan oleh para pengarang ter­sebut ?
  3. 3. Pendidikan dan ahli psikologi. Kelompok ini berfungsi sebagai "developer dan designer" dalam usahanya untuk mengembangkan model-model, mencobakan dan menemukan model-model yang baru.
  4. "Developer dan Designer" yang profesional. Di luar kelompok 1-­3 tersebut menurut Kemp (1977, p. 5), muncul peranan baru yang disebut "profesional instructional developer dan designer". Ini ada!ah kelompok yang berusaha bertindak sebagai "guidance" dan membantu para guru danteam perencana untuk mengembangkan semua aspek program baru.
Di USA profesi pengembang sistem dan disain instruksional telah meluas di kalangan perusahaan swasta dan militer. Kelompok ini, dengan penuh kesadaran, menerapkan prinsip-prinsip pengem­bangan sistem instruksional, baik dengan menggunakan pendekatan empiris maupun teoritis (paradigm dan model). Bagaimana haanya dengan di Indonesia? Profesi pengembang sistem dan disain instruksional di Indonesia dewasa ini nampaknya masih belum nampak secara tegas. Fungsi ini kebanyakan masih dirangkap oleh para guru, para dosen dan ad­ministrator yang terutama bekerja pada proyek-proyek yang sifatnya temporer seperti penulis modul, skrip untuk program radio, kaset, slide suara, proyek pengembangan kurikulum dan sebagainya. Fungsi "developer dan designer" di Indonesia dewasa ini nam­paknya juga masih banyak yang dirangkap oleh para peneuti dalam bidang pendidikan, misalnya percobaan penggunaan modul baik di Perguruan Tinggi maupun pada tingkat SLTA ke bawah, percobaan penggunaan televisi dan radio untuk pendidikan, penyusunan paket buku dan sebagainya. Kesemuanya masih dititikberatkan pada penelitian semata, tidak dititikberatkan pada pengembangan sistem instruksional secara keseluruhan sehingga peneutian di sini adalah merupakan bagian integral dari pengembangan sistem tersebut.

a.                  Mengadakan assesment, men-diagnosis
Assesment diadakan pada beberapa fase yakni pada permulaan proses instruksional,selama proses mengajar,dan pada akhirnya.

b.                  Perencanaan
Perencanaan adalah suatu cara mengantisifasi dan menyeimbangkan perubahan, maksudnya berasumsi bahwa pwerubahan harus selalu terjadi,Robbins(1982). Perubahan harus diantisipasi, karena perubahan pada organisasi pengajaran tidak jauh beda dengan perubahan diluar pengajaran yang berarti berusaha merubah organisasi agar sejalan dengan perubahan lingkungan,karena kadang berbeda hingga mengalami kegoncangan.
Perencanaan pengajaran terjadi pada dua tingkatan,yakni :
a)      Tingkat kurikulum umum (tingkat makro)
b)      Tingkat instruksional yang spesifik untuk pengajaran dalam kelas (tingkat mikro).
Perlunya perencanaan pembelajaran agar tercapai perbaikan dengan upaya dan asumsi sebagai berikut:
1.      Untuk memperbaiki kualitas pembelajaran perlu diawali dengan pembelajaran yang diwujudkan dengan adanya disain pembelajaran
2.      Untuk merancang suatu pembelajaran perlu menggunakan pendekaatan system.
3.       Perencanaan disain pembelajaran diacukan pada bagaimana seseorang belajar
4.      Untuk merencanakan suatu disain pembelajaran diacukan pada siswa secara perorangan.
5.      Pembelajaran yang dilakukan akan bermuara pada ketercapaian tujuan pembelajaran, dan tujuan pengiring dari pembelajaran.
6.      Sasaran akhir dari perencanaan disain pembelajaran adalah mudahnya siswa untuk belajar.
7.      Perencanaan pembelajaran harus melibatkan semua variable pembelajaran
8.      Inti dari disain pembelajaran yang optimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Prinsipnya ada tiga, yaitu:
1.      Tidak ada satu metodepun yang unggul untuk semua tujuan dalam semua kondisi
2.      Metode yang berbeda memiliki pengaruh yang berbeda dan konsisten pada hasil pembelajaran
3.      Kondisi pembelajaran yang berbeda bisa memiliki pengaruh yang konsisten pada pengajaran 
Sedangkan syarat-syarat untuk merencanakan dan menyusun pengajaran,adalah:
1.      Mengajar harus memiliki dasar pengetahuan tentang apa yang akan diajarkan
2.      Mengetahui apa yang hendak dicapai
3.      Pengajar mampu menjabarkan pokok bahasan dalam suatu silabus yang dibuat sendiri
4.      Sudah berkonsultasi dengan ahlinya
5.      Pengalaman mengajar menjadi bahan pertimbangan
Menurut Gerlach dan Ely tentang konsep pendekatan sistem dalam perencanaan dan pengajaran terdiri dari 10 komponen, yaitu:
1.      Spesisifikasi isi pokok bahasan (spesifikation of content)
2.      Spesifikasi tujuan pengajaran (spesifikastion objectives)
3.      Pengumpukan dan penyaringan data tentang siswa ( Assesment pf entering behavior)
4.      Penentuan cara pendekatan,metode,dan tekhnik mengajar (determination of strategy)
5.      Pengelompokan siswa (organitation of groups)
6.      Penyediaan waktu (allocation of time)
7.      Pengaturan ruangan (allocation of space)
8.      Pemilihan media (allocatin of resources)
9.      Evaluasi (evaluation of performance)
10.  Analisis unmpan balik (analysis of feedback)
Fungsi perencanaan pada dasarnya adalah suatu proses pengambilan keputusan sehubungan dengan hasil yang diinginkan, dengan penggunaan sumber daya dan pembentukan suatu sistem komunikasi yang memungkinkan pelaporan dan pengendalian hasil akhir serta perbandingan hasil-hasil tersebut dengan rencana yang di buat.

Banyak kegunaan dari pembuatan perencanaan yakni terciptanya efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kegiatan perusahaan, dapat melakukan koreksi atas penyimpangan sedini mungkin, mengidentifikasi hambatan-hambatan yang timbul menghindari kegiatan, pertumbuhan dan perubahan yang tidak terarah dan terkontrol.

c.                  Pengajaran efektif
Guru yang efektif :
1)      Mulai dan mengakhiri pelajaran tepat pada waktunya
2)      Berada terus didalam kelas dan menggunakan sebagian besar dari jam pelajaran untuk mengajar dan membimbing pelajaran.
3)      Memberi ikhtisar pelajaran lampau sebelum memulai pelajaran baru
4)      Mengemukakan tujuan pelajaran pada permulaan pelajaran
5)      Menyajikan pelajaran baru langkah demi langkah dan memberi latihan pada tiap akhir langkah
6)      Memberi latihan praktis yang mengaktifkan semua siswa
7)      Mengadakan evaluasi berdasarkan tujuan yang telah dirumuskan
8)      Mengadakan review atau ulangan tiap minggu secara teratur.

8.      MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN MEMECAHKAN MASALAH
Pemecahan masalah bukan perbuatan yang sederhana,akan tetapi lebih kompleks dari pada yang diduga pemecahan masalah memerlukan keterampilan berpikir yang banyak ragamnya termasuk mengamati,melaporkan,mendeskripsi,menganalisis,mengklasifikasi, menafsirkan,mengkritik,meramalkan,menarik kesimpulan,dan membuat generalisasi berdasarkan informasi yang dikumpulkan dan diolah.

a.                  Pendekatan-pendekatan dalam pemecahan masalah
§  Pendekatan reaktif(seseorang dihadapkan dengan suatu masalah)
§  Pendekatan antisipatif(melihat masalah sewaktu mulai berkembang)
§  Pendekatan reflektif(mengambil waktu untuk memikirkan suatu masalah secara mendalam)
§  Pendekatan impulsif(bertindak impulsif dalam menghadapi masalah,ia lebih mengikuti instink atau perasaan dari pada refleksi atau pemikirannya.

b.                  Proses pemecahan masalah
Langkah-langkah pemecahan masalah yang paling terkenal ialah apa yang dikemukakan oleh John Dewey, yakni:
1.      Mengidentifikasi dan merumuskan masalah
2.      Mengemukakan hipotesis
3.      Mengumpulkan data
4.      Menguji hipotesis
5.      Mengambil kesimpulan

c.                  Unsur-unsur keterampilan berpikir
1.      Mengamati
2.      Melaporkan
3.      Mengklasifikasi
4.      Memberi label
5.      Menyusun dan mengurutkan
6.      Menginterpretasi
7.      Membuat inferensi
8.      Memecahkan problema



9.    PERENCANAAN INSTRUKSIONAL UNTUK TUJUAN AFEKTIF
a.                  Tujuan pendidikan nilai-nilai
Pendidikan nilai-nilai adalah proses membantu siswa menjajaki nilai-nilai yang mereka miliki secara kritis agar meningkatkan mutu pemikiran dan perasaan mereka tentang nilai-nilai.Nilai merupakan suatu konsep yang berada dalam pikiran manusia yang bersifat tersembunyi, nilai berhubungan dengan pandangan seseorang tentang baik dan buruk indah dan tidak indah dan lain sebagainya. Dengan demikian pendidikan nilai pada hakikatnya proses penanaman nilai kepada peserta didik yang diharapkan, oleh karena itu siswa dapat berprilaku sesuai dengan pandangan yang dianggapnya baik dan tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku dimasyarakat tersebut. Kalau berbicara tentang pendidikan tentu tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan tentunya banyak sekali keterkaitan antara satu dengan yang lain dengan berbagai unsure komplek yang membangun pendidikan tersebut.  Unsure penentu dalam mencapai tujuan itu diantaranya kebijakan pemerintah kurikulum, guru(ini merupakan ujung tombak penentu tercapai tujuan pendidikan) peserta didik dan tingkat kedewasaan, yang sesuai dengan usiadan tingkat pendidikan serta infra struktur belajar berupa ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Dari sekian banyak unsur pendukung tersebut pada hakikatnya bermuara pada tujuan pendidikan nasional yang dimuat dalam undang-undang RI tentang system pendidikan Nasional atau UUSPN 28 Agustus 2003 memuat tujuan menjadi manusia beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berahlak mulia, sehat jasmani dan rohani, kerja keras, mandiri, estetis berilmu, kreatif, produktif, mampu bersaing, cakap, demokratis memiliki wawasan keunggulan, harmonis dengan lingkungan alam, memiliki tanggung jawab sosial, dan memiliki semangat kebangsaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa (pasal 4, UUSPN, 28 Agustus 2003).
Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya, dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara kekuatan dalam kehidupan masyarakat. Setelah membahas pengertian pendidikan, timbullah pemikiran tentang hal-hal apa yang terdapat didalam proses pendidikan. Perhatian pada proses terjadinya pendidikan mengarah pada pemikiran tentang komponen-komponen pendidikan. Komponen merupakan bagian dari suatu system yang  memiliki peran dalam berlangsungnya suatu proses untuk mencapai tujuan pendidikan. Ada komponen tersebut adalah; kurikulum pendidikan, paket instruksi, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, metode pendidikan, peserta, evaluasi pendidikan, anggaran pendidikan, fasilitas pendidikan. Oleh sebab itu untuk mencapai tujuan pendidikan perlu adanya kerjasama dengan berbagai komponen pendidikan dari sekian banyak  komponen pendidikan dibahas yang berasal dari siswa, sebagai penentu  untuk mencapai tujuan pendidikan, faktor belajar siswa mempunyai peranan yang tinggi factor tesebut diantaranya adalah factor intern dan interen
1.      Fakor intern
Dalam membicarakan factor intern akan dibahas tiga factor yaitu factor jasmaniah, factor psikologis, dan factor kelelahan
a.       Faktor jasmaniah
Sehat berarti dalam keadaan baik segenap badan serta bagian-bagiannya bebas dari penyakit. Proses belajar akan terganggu apabila kesehatan seseorang terganggu, agar anak didik dapat belajar dengan baik haruslah mengusahakan kesehatan baukan hanya jasmaniahnya lebih-lebih rohaniyahnya. Agar kesehatan tetap terjamin seseorang harus melakukan ketentuan-ketentuan seperti, bekerja, belajar, istirahat, tidur, makan, rekreasi, dan ibadah.
b.      Faktor psikologis
Paling tidak ada tujuh factor yang tergolong ke dalam factor psikologis yang mempengaruhi belajar. Factor-faktor itu adalah intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, dan kelelahan. Semua faktor ini sangat mempengaruhi belajar.
c.       Faktor kelelahan
Kelelahan pada seorang walaupun sulit dipisahkan tetapi dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kelelahan jasmaniah dan kelelahan rohaniah(bersifat psikis)
2.      Faktor ekstern
Faktor  ekstern yang berpengaruh terhadap belajar, dapat dikelompokan sebagai berikut.1 faktor keluarga, 2.faktor sekolah, 3.faktor masyarakat. ketiga factor diatas dapat diuraikan sebagai berikut:
a.       Faktor keluarga
Siswa yang mengikuti belajar akan mendapat pengaruh dari keluarga dari cara orang tua mendidik, kerja sama antar keluarga, suasana keluarga, keadaan ekonomi keluarga
b.      Faktor sekolah
Faktor  sekolah yang mempengaruhi belajar ini mencakup metode, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplis sekolah, pelajaran dan waktu sekolah, standar pelajaran, keadaan gedung, metode belajar,dan tugas rumah.
c.       Faktor masyarakat
Masyarakat merupakan faktor ekstern yang juga berpengaruh terhadap belajar siswa. Factor tersebut karena keberadaan siswa dalam masyarakat.

b.                  Pendidikan moral
Pendidikan moral berkenaan dengan pertanyaan tentang yang benar dan yang salah dalam hubungan interpersonal,antara manusia dengan manusia lainnya,yang meliputi konsep seperti harkat manusia,harga diri manusia,keadilan sosial,kepedulian terhadap sesama manusia,kesamaan hak,sikap saling menghargai,dan sebagainya.
Tujuan pendidikan moral ialah membantu siswa agar lebih mampu memberi pendapat yang bertanggung jawab,adil dan matang mengenai orang lain.

c.                  Pendidikan afektif
Pendidikan afektif mencakup pendidikan nilai-nilai dan pendidikan moral.pendidikan mencakup apa yang diuraikan oleh david krathwohl dkkmengenai ranah afektif
Tujuan pendidikan afektif ialah membantu siswa agar ia meningkat dalam hierarki afektif,yakni dari tingkat paling bawah melalui tingkat merespon terhadap nilai-nilai,kemudian menghargainya,merasa komitmen terhadap nila-nilai dan akhirnya menginternalisasikan nilai-nilai yang diterima oleh masyarakat,sangat esensisal bagi kehidupan individu dalam masyarakat.

d.                  Nilai-nilai dan fungsi otak
Penelitian tentang fungsi otak mulai memberi pengertian baru tentang organisasi otak,cara otak menghasilkan kognisi dan mempengaruhi sistem kepercayaan,sikap,dan nilai-nilai kita.
Penemuan itu mengemukakan thesis bahwa :
1)      Belahan otak,kiri dan kanan masing-masing terpisah dan merupakan kesatuan tersendiri.
2)      Tiap belahan memiliki kemampuan khusus yang berbeda beda
3)      Tiap bagian mempunyai fungsi kognitif dan afektif yang khas.
Fungsi otak kiri :
-         Berpikir logis
-         Verbal
-         Inferensi
-         Membentuk hubungan
-         Sistem “mistik”

Fungsi otak kanan
-         Memanipulasi objek
-         Respons emotif
-         Taktil
-         Estetika
-         Kreativitas

e.                  Arah dan intensitas valensi
Mengajar adalah proses mengubah kelakuan.
Peran guru dalam proses ini adalah :
-         Menciptakan kesempatan bagi siswa untuk menerima dan menganalisis informasi baru
-         Membantu dan (membimbing siswa agar memperoleh kelakuan baru, misalnya mempelajari cara baru dalam berpikir,berbuat dan merasakan.

10.     PENDIDIKAN AFEKTIF,PERSPEKTIF,HISTORIS DAN MODEL-MODEL  PENDIDIKAN AFEKTIF
a.              Pengaruh filosofi sosial dalam pendidikan afektif
Ada emapat garis pikiran utama yang tampil dalam abad ke-17,18,dan 19 yang memberi pengaruh besar terhadap hakikat pendidikan afektifdi dunia barat.
Pendekatan-pendekatan ini diwakili oleh :
1.      Thomas hobbes (teori kontrak sosial)
2.      Jean jacques rousseau (naturalisme)
3.      Immanuel kant (rasionalisme)
4.      Emile durkheim (teori konteks sosial)

b.             Pengaruh psikologi terhadap pendidikan afektif
Pendidikan afektif tidak hanya dipengaruhi oleh disiplin psikologi,akan tetapi untuk sebagian besar dikembangkan oleh para ahli psikologi.
Tiga Tokoh psikologi yang memberi sumbangan besar kepada pendidikan afektif:
1)      Sigmund freud
Menurut psiko-analisis frend,kepribadian terbentuk dari :
-         Ego (diri,self)
-         Super-ego (diri yang iedeal,diri-sadar,diri-moral)
-         Id (diri tak sadar)
2)      John dewey
Terdapat tiga tahap utama,yakni tahap:
-         Amoral (anak tak mempunyai rasa benar atau salah)
-         Konvensional (ia menerima nilai-nilai dan norma-norma dan orangtua dan masyarakat)
-         Otonomi (ia membuat pilihan sendiri secara bebas)
3)      Jean piaget
Pendidikan moral berlangsung dalam empat tahap:
-         Egosentris (anak bermain tanpa sadar adanya aturan)
-         Heteronomi atau tahap otoriter
-         Otonomi (anak perlu mengakui aturan dalam kegiatan sosial)

c.              Pengaruh teori kepribadian terhadap pendidikan afektif
Menurut maslow terdapat enam tingkatan kebutuhan,yakni :
1.      Kepuasan fisiologis
2.      Keamanan
3.      Rasa diterima dan dicintai
4.      Harga-diri
5.      Aktualisasi-diri
6.      Transendensi

d.             Model-model pendidikan afektif
1.      Model konsedirasi
Model ini didasarkan atas kepercayaan :
-         Hidup untuk kepentingan orang lain ialah pengalaman yang membebaskan.
-         Hanya dengan memberikan “konsiderasi”kepada orang lain kita dapat mewujudkan diri kita sepenuhnya.
2.      Model pembentukan rasional
Dengan rasional dimaksud alasan fundamental,dasar rasional.alasan fundamental bagi kelakuan manusia adalah falsafah bangsa dan negara.
3.      Model pengembangan kognitif
Perkembangan moral terdiri atas tiga tingkat yang masing-masing mempunyai dua tahap sehingga terdapat enam tahap,yakni:
-         Tingkat pra-konvensional
-         Tingkat konvensional
-         Tingkat post-konvensional
-         Tingkat otonom/berprinsip
4.      Model masa depan : sains-teknologi masyarakat
Model ini didasarkan atas asumsi masalah-masalah sosial yang kita hadapi dewasa ini sangat erat berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.pada umumnya membicarakan tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan deadaan manusia,ideologis dan sosiologis.























BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
Kurikulum dan pembelajaran adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena pembelajaran dapat di laksanakan dengan cara menurunkan apa yang sudah ditetapkan dalam kuriukulum dari segi tujuan pembelajaran, penentuan bahan ajar, dalam kegiatan atau strategi belajar, dan juga dalam sitem evaluasi yang beberapa hal itu merupakan aspek yang dominan harus dijadikan acuan dalam pembelajran yang menjadikan mutu pendidikan yang sesuai dengan apa yang kita harapkan.
Suatu pendidikan tidak terlepas dari semua komponen pendidikan yang satu dengan yang lainnya karena semua itu bagian suatu bagian system yang harus berjalan secara sistematis dan harmonis, seandainya satu bagian itu tidak ada mengakibatkan ketidak harmonisan yang dirasakan, tidak satu komponen lebih-lebih semua kompone-komponen pendidikan lainnya.
Begitu halnya dengan tujuan pendidikan yang dibahas pada makalah ini, dari sekian banyak pakar ilmu ataupun pemikir pendidikan yang memberikan pendapatnya tentang tujuan pendidikan seperti yang dijelaskan diatas semua itu bermuara pada pembentukan moral ataupun ahlak, budi pekerti kepada manusia lebih-lebih pada sang Pencipta Jagat Raya. Tetapi sangat sedikit siswa maupun seorang pendidik mempedulikan tujuan pendidikan nilai kepada Sang Maha Agung yakni Allah SWT.






















DAFTAR PUSTAKA


S. Nasution.1989. Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta : Bumi Aksara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar